Tentang Bodykit

Apa sih sebenernya bodykit itu?

Body kit atau bodykit adalah kumpulan modifikasi pada bagian eksterior mobil, biasanya terdiri dari bumper depan dan belakang, side skirt, spoiler, pekerjaan pengecatan, dan kadang mencakup depan dan penjaga sisi belakang dan atap. 


Apa sih fungsi Bodykit?

Body kit ini sebenarnya dirancang untuk mobil balap untuk memberikan kebutuhan untuk fungsi seperti down-force dan management berat kendaraan. Namun pada mobil jalanan sebenarnya tidak perlu tambahan down-force, sehingga produk bodykit seperti sayap belakang yang besar (spoiler), atau custom bumper hanya bertujuan sebagai penambah estetika.

Apa aja sih jenis material Bodykit?
Secara garis besar ada beberapa jenis bahan yang umum digunakan oleh produsen bodykit untuk membuat bodykit, yakni dari Bahan Dasar Fiber dan Bahan Dasar Plastik. 

Bahan Fiber:

1. Fiberglass (FRP)

Fiberglass lebih murah dan lebih mudah didapatkan, namun lebih mudah retak bila terjadi benturan. Komposisi Fiberglass (FRP) sangat ringan dan sangat sesuai dengan perbandingan berat / kekuatan. Bahan FRP juga lebih mudah untuk diperbaiki.

2. Carbon Fiber
Body kit serat karbon (carbon fiber) lebih langka, karena tingginya biaya bahan dasar pembuatnya sehingga sedikit sekali produsennya dan jarang terlihat pada kendaraan jalanan umum.

Bahan Plastik
1. Polyurethane (PU)
Plastik PU lebih populer karena lebih fleksibel sehingga lebih tahan terhadap kerusakan. 

2. Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS)
Plastik (ABS) adalah sejenis polimer yang memiliki banyak aplikasi, karena kekuatan, mudahnya di bentuk dan harga yang murah. Sifat yang paling di cari dari ABS adalah ketahanan bantingnya dan ketangguhan dari plastik ini. Bahkan ada banyak cara untuk meningkatkan ketahanannya lebih tinggi lagi yang tentunya meningkatkan biaya produksi. Umumnya ABS dapat mentolelir suhu dari -20°c sampai 80°c.

1 komentar: